Cara Cepat dan Mudah Melakukan Print Screen di MacBook

Lina Ambar

Print screen di MacBook merupakan salah satu fitur yang sangat berguna bagi pengguna untuk menangkap dan berbagi momen atau informasi penting yang ditampilkan di layar. Dengan fungsi ini, Anda dapat dengan cepat menyimpan apa yang Anda lihat di layar sebagai gambar, yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti dokumentasi, panduan, atau hanya sekedar berbagi dengan teman.

Untuk melakukan print screen di MacBook, Anda tidak memerlukan perangkat lunak tambahan karena macOS sudah menyediakan beberapa metode bawaan yang mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

1. Menggunakan Tombol Shortcut:

  • Command + Shift + 3: Mengambil screenshot seluruh layar dan menyimpannya secara otomatis di desktop.
  • Command + Shift + 4: Mengubah kursor menjadi crosshair yang memungkinkan Anda untuk memilih area tertentu dari layar untuk di-screenshot.
  • Command + Shift + 4 + Spacebar: Mengambil screenshot dari jendela aplikasi yang dipilih.

2. Menggunakan Aplikasi Screenshot:
macOS juga memiliki aplikasi screenshot yang dapat diakses melalui Launchpad atau dengan menggunakan shortcut Command + Shift + 5. Aplikasi ini memberikan opsi lebih lanjut seperti:

  • Memilih apakah Anda ingin mengambil screenshot layar penuh, jendela, atau area tertentu.
  • Menyimpan screenshot di lokasi yang Anda inginkan.
  • Mengatur timer untuk screenshot yang tertunda.

3. Menggunakan Touch Bar:
Bagi pengguna MacBook Pro dengan Touch Bar, Anda dapat menambahkan tombol screenshot ke Touch Bar untuk akses yang lebih cepat.

Rekomendasi:
Untuk kebanyakan pengguna, metode menggunakan tombol shortcut adalah yang paling cepat dan efisien. Namun, jika Anda membutuhkan lebih banyak kontrol atas screenshot Anda, aplikasi screenshot bawaan macOS adalah pilihan terbaik.

Ulasan:
Fitur print screen di MacBook sangat intuitif dan mudah digunakan. Dengan berbagai metode yang tersedia, pengguna dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, kualitas gambar screenshot sangat baik, memastikan bahwa detail penting tidak hilang.

Dengan menggunakan fitur print screen di MacBook, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan mempermudah berbagi informasi. Cobalah dan lihat betapa mudahnya menangkap apa yang Anda butuhkan dari layar MacBook Anda!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar