Langkah Mudah Membuat Riwayat Hidup yang Menarik bagi Pemberi Kerja

Lina Ambar

Cara membuat riwayat hidup merupakan langkah penting dalam proses mencari pekerjaan. Riwayat hidup yang baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara. Berikut adalah beberapa rekomendasi dan ulasan detail tentang cara membuat riwayat hidup yang menarik:

1. Informasi Pribadi yang Jelas
Awali dengan memastikan informasi pribadi Anda tercantum dengan jelas dan lengkap. Ini termasuk nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email profesional.

2. Ringkasan Profesional
Tulis ringkasan singkat tentang diri Anda, termasuk keahlian dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

3. Pengalaman Kerja yang Relevan
Daftar pengalaman kerja Anda secara kronologis terbalik, mulai dari pekerjaan terakhir. Cantumkan posisi, nama perusahaan, dan rentang waktu Anda bekerja di sana.

4. Pendidikan
Sertakan informasi pendidikan Anda, mulai dari yang terbaru. Jika Anda baru lulus, letakkan bagian ini sebelum pengalaman kerja.

5. Keahlian Khusus
Sebutkan keahlian khusus yang mendukung kualifikasi Anda, seperti kemampuan berbahasa asing, keahlian komputer, atau sertifikasi profesional.

6. Referensi
Referensi bisa menjadi nilai tambah. Sertakan kontak dari mantan atasan atau kolega yang dapat memberikan testimoni tentang kinerja Anda.

7. Format yang Rapi
Gunakan format yang konsisten untuk font, ukuran huruf, dan spasi. Pastikan dokumen mudah dibaca dan profesional.

8. Hindari Kesalahan Kecil
Periksa kembali riwayat hidup Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa.

9. Sesuaikan dengan Pekerjaan
Sesuaikan riwayat hidup Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar, menonjolkan pengalaman dan keahlian yang paling relevan.

10. Gunakan Kata Kunci dari Deskripsi Pekerjaan
Banyak perusahaan menggunakan sistem pemindaian otomatis, jadi pastikan Anda menggunakan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan memiliki riwayat hidup yang tidak hanya menarik tetapi juga meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam pencarian pekerjaan Anda. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar