Membuat Daftar Pustaka dari YouTube dengan Mudah

Lina Ambar

Daftar pustaka dari YouTube sering kali menjadi kebingungan bagi banyak penulis, terutama ketika mereka ingin mengutip sumber yang tidak konvensional seperti video. Namun, dengan pemahaman yang tepat, Anda bisa membuat daftar pustaka yang akurat dan sesuai dengan standar penulisan ilmiah.

Rekomendasi untuk Daftar Pustaka dari YouTube:

  1. Judul Video: Tuliskan judul video sebagai bagian utama dari kutipan Anda. Pastikan judul tersebut ditulis dengan huruf miring untuk membedakannya dari elemen lain.
  2. Nama Pembuat Konten: Sertakan nama pembuat konten atau channel YouTube. Jika pembuat konten adalah individu, tuliskan nama belakang, diikuti dengan inisial nama depan.
  3. Tanggal Publikasi: Tanggal video diunggah ke YouTube juga harus dicantumkan. Format tanggal yang umum digunakan adalah tanggal, bulan, dan tahun.
  4. URL Video: Meskipun beberapa standar penulisan tidak mengharuskan URL, menyertakan URL lengkap akan memudahkan pembaca untuk menemukan sumber asli.

Contoh Kutipan:

PewDiePie. (2020, 20 April). Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik. Diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=abcXYZ123

Ulasan Detail:
Mengutip sumber dari YouTube memang memerlukan kejelian. Pastikan Anda mengecek kembali semua informasi yang Anda masukkan ke dalam daftar pustaka. Kesalahan kecil seperti typo pada URL atau tanggal bisa mengurangi kredibilitas tulisan Anda.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat dengan mudah menyusun daftar pustaka dari YouTube yang tidak hanya informatif tetapi juga meningkatkan integritas akademis Anda. Selamat menulis!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar