Mengenal Ciri-Ciri Emas Asli untuk Investasi yang Aman

Lina Ambar

Ciri-ciri emas asli menjadi pengetahuan penting bagi siapa saja yang ingin berinvestasi dalam logam mulia ini. Emas asli memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari emas palsu atau emas yang telah dicampur dengan logam lain. Berikut adalah beberapa ciri yang dapat Anda perhatikan:

Kepadatan: Emas asli memiliki kepadatan yang sangat tinggi. Jika Anda menjatuhkan emas ke dalam air, emas asli akan tenggelam dengan cepat karena beratnya yang signifikan dibandingkan dengan volume yang sama dari logam lain.

Warna dan Kilau: Warna emas asli cenderung konsisten. Kilau emas tidak akan pudar meskipun terkena air atau bahan kimia ringan. Jika kilau emas Anda berubah setelah terkena parfum atau keringat, itu bisa jadi indikasi bahwa emas tersebut bukan asli.

Ketahanan terhadap Korosi: Emas asli tahan terhadap korosi dan oksidasi. Ini berarti bahwa emas tidak akan berkarat atau berubah warna seiring waktu.

Ketidakmagnetisan: Emas asli tidak bersifat magnetis. Jika emas Anda tertarik magnet, besar kemungkinan itu bukan emas murni.

Ketahanan terhadap Goresan: Meskipun emas adalah logam yang lunak, emas asli tidak akan mudah tergores. Uji ini bisa dilakukan dengan menggoreskan emas pada keramik; jika meninggalkan bekas hitam, itu bukan emas asli.

Cap atau Tanda Kehadiran: Emas asli biasanya memiliki cap yang menunjukkan kadar atau keaslian emas, seperti 24K, 18K, atau 14K.

Tes Asam: Ini adalah tes yang dilakukan oleh para profesional. Emas asli tidak akan bereaksi dengan asam nitrat.

Harga: Harga emas asli cenderung stabil dan mengikuti harga pasar emas dunia. Jika Anda menemukan emas dengan harga yang jauh di bawah harga pasar, itu bisa jadi pertanda bahwa emas tersebut bukan asli.

Dalam membeli emas, sangat disarankan untuk melakukan transaksi di toko atau lembaga yang kredibel dan memiliki reputasi baik. Pastikan Anda mendapatkan sertifikat keaslian emas yang menjamin kadar dan berat emas yang Anda beli.

Investasi emas merupakan pilihan yang bijak karena nilai emas yang cenderung stabil dan meningkat dari waktu ke waktu. Dengan mengetahui ciri-ciri emas asli, Anda dapat menghindari penipuan dan memastikan bahwa investasi Anda aman. Selalu lakukan pengecekan dan konsultasi dengan ahli sebelum melakukan pembelian emas dalam jumlah besar.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar