Panduan Lengkap Mencangkok: Langkah Demi Langkah

Lina Ambar

Mencangkok merupakan teknik perbanyakan tanaman yang efektif untuk mempertahankan karakteristik tanaman induk. Berikut adalah langkah-langkah mencangkok yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan hasil terbaik:

Langkah 1: Pilih Cabang yang Tepat
Pilih cabang yang sehat dan memiliki diameter sekitar 1-2 cm. Cabang yang terlalu muda atau tua tidak disarankan karena dapat mempengaruhi keberhasilan mencangkok.

Langkah 2: Bersihkan Area Cangkok
Bersihkan area yang akan dicangkok dari daun dan ranting kecil. Ini akan memudahkan Anda dalam proses mencangkok.

Langkah 3: Buat Sayatan
Buat sayatan melingkar pada cabang yang telah dipilih. Kemudian, buat sayatan vertikal sekitar 3-5 cm dari sayatan melingkar pertama. Lepaskan kulit cabang sehingga terlihat kambiumnya.

Langkah 4: Oleskan Zat Pengatur Tumbuh
Oleskan zat pengatur tumbuh pada bagian kambium yang terbuka. Ini akan mempercepat proses pembentukan akar.

Langkah 5: Pasang Media Tanam
Siapkan media tanam seperti lumut atau serbuk sabut kelapa yang telah dibasahi. Letakkan media ini pada bagian yang telah diolesi zat pengatur tumbuh.

Langkah 6: Bungkus dengan Plastik
Bungkus bagian yang telah diberi media tanam dengan plastik transparan. Ikat kedua ujung plastik agar media tanam tidak jatuh dan memastikan kelembapan tetap terjaga.

Langkah 7: Periksa Perkembangan Akar
Setelah beberapa minggu, periksa perkembangan akar. Jika akar sudah terbentuk dengan baik, Anda dapat memotong cabang di bawah plastik dan menanamnya di tempat yang diinginkan.

Langkah 8: Penanaman
Tanam cangkokan pada media tanam yang subur dan pastikan mendapatkan penyiraman yang cukup. Hindari penempatan langsung di bawah sinar matahari penuh selama beberapa hari pertama.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencangkok tanaman dengan sukses. Ingatlah untuk selalu memantau kelembapan dan kondisi cangkokan untuk memastikan pertumbuhan yang optimal. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar