Panduan Praktis Membaca Tensi Darah dengan Tepat

Lina Ambar

Cara baca tensi darah merupakan keterampilan penting yang perlu dikuasai untuk memantau kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tensi darah yang terukur meliputi dua angka; sistolik (angka atas) dan diastolik (angka bawah). Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membaca tensi darah:

  1. Persiapkan Alat: Gunakan tensimeter yang telah terkalibrasi dengan baik. Pastikan manset tensimeter sesuai dengan ukuran lengan untuk hasil yang akurat.
  2. Posisi yang Benar: Duduk dengan nyaman dengan kaki rata di lantai dan lengan berada pada tingkat jantung.
  3. Pemasangan Manset: Pasang manset di lengan atas, sekitar satu inci di atas siku. Manset harus terasa pas, tidak terlalu ketat atau longgar.
  4. Mengukur Tensi: Pompa manset hingga tekanan melebihi tekanan sistolik yang diperkirakan, lalu lepaskan udara secara perlahan. Dengarkan suara pertama yang terdengar melalui stetoskop; itulah tekanan sistolik. Suara terakhir yang terdengar menandakan tekanan diastolik.
  5. Catat Hasil: Tulis angka sistolik dan diastolik serta waktu pengukuran untuk pemantauan.

Rekomendasi Tensimeter:
Untuk pengukuran di rumah, tensimeter digital seringkali menjadi pilihan karena kemudahan penggunaannya. Beberapa model yang direkomendasikan termasuk Omron Series, yang harganya berkisar antara €20 hingga €70 tergantung pada fitur-fiturnya.

Ulasan:
Tensimeter digital Omron menawarkan keakuratan yang tinggi dengan fitur tambahan seperti deteksi detak jantung tidak teratur. Model yang lebih mahal mungkin memiliki konektivitas Bluetooth untuk sinkronisasi dengan aplikasi seluler, memudahkan pemantauan jangka panjang.

Membaca tensi darah secara teratur dapat membantu dalam deteksi dini hipertensi dan pengelolaan kondisi kesehatan. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar