Resep Rahasia: Langkah-Langkah Membuat Bakso Kenyal dan Lezat

Lina Ambar

Langkah-langkah membuat bakso menjadi topik yang banyak dicari oleh para penggemar kuliner Nusantara. Bakso, yang merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia, terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan kuahnya yang gurih. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk membuat bakso sendiri di rumah.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging sapi giling
  • 150 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Es batu secukupnya
  • Air untuk merebus

Langkah Pembuatan:

  1. Campurkan daging sapi giling dengan bawang putih halus, garam, merica bubuk, dan gula pasir dalam sebuah wadah.
  2. Masukkan telur dan aduk rata.
  3. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan terasa kenyal.
  4. Masukkan es batu ke dalam adonan untuk menjaga suhu adonan tetap dingin, ini akan membantu tekstur bakso menjadi lebih kenyal.
  5. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  6. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, lalu masukkan ke dalam air yang sudah mendidih.
  7. Rebus bakso hingga mengapung dan matang sempurna, biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit.
  8. Angkat dan tiriskan bakso yang sudah matang, lalu sajikan dengan kuah panas dan pelengkap seperti mie, bihun, tahu, dan sayuran.

Rekomendasi dan Ulasan:
Untuk mendapatkan bakso dengan tekstur yang sempurna, penting untuk tidak terlalu banyak mengaduk adonan karena bisa membuat bakso menjadi keras. Selain itu, menggunakan es batu saat menguleni adonan adalah kunci untuk menjaga tekstur bakso agar tetap kenyal. Jangan lupa untuk merebus bakso dengan api yang tidak terlalu besar agar bakso matang secara merata.

Bakso buatan sendiri tentunya lebih sehat karena Anda dapat memastikan kualitas bahan-bahan yang digunakan. Selamat mencoba resep ini di rumah dan nikmati kelezatan bakso buatan Anda sendiri!

Catatan: Harga bahan-bahan untuk membuat bakso sangat bervariasi tergantung pada lokasi dan kualitas bahan yang dipilih. Namun, secara umum, biaya pembuatan bakso per porsi di rumah berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Ini tentu lebih ekonomis dibandingkan membeli bakso di luar yang harganya bisa jauh lebih mahal. Selamat berkreasi dengan resep bakso Anda!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar