Trik Efektif Menghapus Tanda Spidol Permanen

Lina Ambar

Cara menghilangkan spidol permanen dari berbagai permukaan seringkali menjadi pertanyaan yang membingungkan. Spidol permanen dirancang untuk tidak mudah terhapus, namun ada beberapa metode yang bisa Anda coba untuk menghilangkannya.

Menggunakan Alkohol atau Hand Sanitizer
Alkohol adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan tinta spidol permanen. Anda bisa menggunakan alkohol isopropil atau hand sanitizer yang mengandung alkohol. Cukup aplikasikan pada area yang terkena tinta, diamkan beberapa saat, lalu gosok dengan kain bersih.

Penggunaan Pasta Gigi
Pasta gigi, terutama yang mengandung baking soda, juga bisa digunakan untuk menghilangkan tinta spidol permanen. Oleskan pasta gigi pada noda, biarkan mengering, kemudian gosok dengan sikat gigi bekas hingga tinta terangkat.

Lemon dan Garam sebagai Alternatif Alami
Jika Anda mencari solusi yang lebih alami, lemon dan garam dapat menjadi pilihan. Peras air lemon di atas noda, taburkan garam, dan gosok dengan lembut. Asam sitrat dalam lemon akan membantu melarutkan tinta.

Penggunaan Cairan Pembersih Khusus
Terdapat juga cairan pembersih khusus yang dirancang untuk menghilangkan tinta spidol permanen. Produk-produk ini biasanya tersedia di toko-toko perangkat keras atau online. Harga bervariasi tergantung pada merek dan ukuran, namun umumnya berkisar antara €5 hingga €20.

Kesimpulan
Setiap metode memiliki keefektifannya masing-masing tergantung pada jenis permukaan dan ketahanan tinta. Selalu uji metode pada area kecil terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kerusakan lebih lanjut. Dengan sedikit usaha dan metode yang tepat, spidol permanen tidak lagi menjadi masalah yang permanen.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar