Cara Cepat dan Mudah Merubah Excel ke PDF

Lina Ambar

Merubah excel ke pdf menjadi kebutuhan banyak orang, terutama bagi yang ingin membagikan data secara universal tanpa mengubah format aslinya. PDF adalah format yang ideal karena dapat dibaca di hampir semua perangkat dan sistem operasi, serta menjaga tata letak dan format asli dokumen.

Untuk merubah file Excel ke PDF, Anda bisa menggunakan fitur ‘Save As’ yang tersedia di Microsoft Excel. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin diubah.
  2. Klik ‘File’ di pojok kiri atas.
  3. Pilih ‘Save As’.
  4. Di jendela yang muncul, pilih lokasi penyimpanan file.
  5. Pada dropdown ‘Save as type’, pilih ‘PDF’.
  6. Klik ‘Save’.

Selain itu, ada berbagai alat online yang memudahkan proses konversi ini, seperti Smallpdf, iLovePDF, atau Adobe Acrobat Online. Beberapa di antaranya menawarkan fitur tambahan seperti penggabungan beberapa file Excel sekaligus, atau konversi batch untuk menghemat waktu.

Dalam hal harga, kebanyakan alat konversi online ini gratis dengan opsi berbayar untuk fitur lebih lanjut. Misalnya, Smallpdf menawarkan paket Pro dengan harga sekitar $9 per bulan yang mencakup fitur-fitur seperti konversi batch, keamanan tambahan, dan lain-lain.

Dengan menggunakan alat yang tepat, merubah excel ke pdf bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, memastikan data Anda tetap aman dan terjaga formatnya saat dibagikan. Pastikan untuk selalu memeriksa keamanan situs web jika Anda memilih untuk menggunakan alat konversi online.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar