Langkah Mudah Membuat Tempe yang Lezat dan Bergizi

Lina Ambar

Langkah langkah pembuatan tempe sebenarnya cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Tempe merupakan makanan tradisional yang kaya akan protein dan sering dijadikan alternatif pengganti daging. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat tempe sendiri.

Bahan-bahan:

  • Kedelai, 1 kg
  • Ragi tempe
  • Air bersih

Langkah Pembuatan:

  1. Rendam Kedelai: Rendam kedelai selama 8-12 jam untuk memudahkan proses pengupasan kulit ari.
  2. Kupas Kedelai: Setelah direndam, kupas kulit ari kedelai. Proses ini bisa memakan waktu, namun ada trik untuk mempercepatnya dengan cara menggosok-gosokkan kedelai.
  3. Rebus Kedelai: Rebus kedelai yang sudah dikupas hingga matang, kemudian tiriskan dan dinginkan.
  4. Campur dengan Ragi: Setelah dingin, campurkan kedelai dengan ragi tempe secara merata.
  5. Bungkus dengan Daun: Bungkus kedelai yang sudah dicampur ragi dengan daun pisang atau plastik yang telah dibolongi.
  6. Inkubasi: Simpan kedelai yang sudah dibungkus di tempat yang hangat selama 36-48 jam. Pastikan tempat tersebut tidak terkena sinar matahari langsung.
  7. Tempe Siap Dikonsumsi: Setelah 36-48 jam, tempe akan matang dan siap untuk dikonsumsi atau diolah menjadi berbagai masakan.

Rekomendasi:
Untuk hasil terbaik, gunakan kedelai berkualitas dan ragi tempe yang masih segar. Pastikan juga tempat inkubasi bersih dan bebas dari kontaminasi untuk menghindari tempe menjadi berbau tidak sedap atau berjamur.

Ulasan:
Membuat tempe sendiri di rumah memberikan kepuasan tersendiri karena Anda dapat mengontrol kualitas bahan dan kebersihan selama proses pembuatan. Selain itu, tempe buatan sendiri biasanya lebih lezat dan sehat karena tidak mengandung pengawet.

Tempe yang sudah jadi dapat disimpan di dalam kulkas untuk memperpanjang masa simpannya. Anda juga bisa bereksperimen dengan menambahkan bumbu atau rempah saat proses inkubasi untuk memberikan rasa yang unik pada tempe.

Catatan:
Harga kedelai dan ragi tempe bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan musim. Namun, secara umum, biaya pembuatan tempe sendiri relatif lebih murah dibandingkan membeli tempe yang sudah jadi di pasaran.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat tempe sendiri di rumah. Selamat mencoba dan nikmati tempe buatan Anda!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar