Mengatasi Kulit yang Terkena Air Panas: Langkah Pertolongan Pertama dan Perawatan

Lina Ambar

Kulit terkena air panas merupakan kejadian yang sering terjadi di rumah tangga maupun di tempat kerja. Kejadian ini bisa menyebabkan luka bakar yang tidak hanya menyakitkan tetapi juga dapat meninggalkan bekas jika tidak ditangani dengan benar. Berikut adalah beberapa rekomendasi dan ulasan detail tentang langkah pertolongan pertama dan perawatan untuk kulit yang terkena air panas.

Pertolongan Pertama untuk Kulit Terkena Air Panas:

  1. Hentikan Kontak dengan Sumber Panas: Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan kontak kulit dengan sumber panas. Jika memungkinkan, lepaskan pakaian yang terkena air panas dengan hati-hati.
  2. Dinginkan Area yang Terbakar: Alirkan air dingin (bukan es) pada area yang terbakar selama 15-20 menit. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.
  3. Tutup dengan Kain Bersih: Setelah didinginkan, tutup area yang terbakar dengan kain bersih atau perban untuk melindungi dari infeksi.
  4. Hindari Penggunaan Es atau Salep: Jangan menggunakan es langsung pada luka bakar karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Hindari pula penggunaan salep atau krim tanpa petunjuk dokter.

Perawatan Lanjutan:

  • Konsultasi dengan Profesional Kesehatan: Jika luka bakar berukuran besar atau terasa sangat sakit, segera konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan.
  • Penggunaan Produk Pelembab dan Penyembuh: Gunakan produk pelembab yang mengandung aloe vera atau madu yang dikenal dengan sifat penyembuhannya. Pastikan produk tersebut aman dan sesuai untuk jenis luka bakar yang dialami.
  • Pantau Perkembangan Luka: Perhatikan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan yang bertambah, bengkak, atau nanah. Jika terjadi, segera periksakan ke dokter.

Harga Produk Perawatan Kulit Terkena Air Panas:
Harga produk perawatan kulit untuk luka bakar bervariasi tergantung pada merek dan kualitasnya. Pelembab dengan aloe vera biasanya dijual mulai dari IDR 50.000 hingga IDR 150.000. Sementara itu, perban khusus luka bakar bisa berkisar antara IDR 20.000 hingga IDR 100.000 tergantung ukuran dan jenisnya.

Dengan penanganan yang tepat, kulit yang terkena air panas dapat pulih dengan baik. Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas untuk mencegah kejadian ini dan selalu simpan kit pertolongan pertama di rumah atau di tempat kerja.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar