Menguasai Servis Bawah dalam Permainan Bulutangkis

Lina Ambar

Cara melakukan servis bawah dalam bulutangkis merupakan keterampilan dasar yang penting bagi pemain di semua level. Servis bawah yang baik dapat memberikan keuntungan strategis dalam pertandingan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan servis bawah yang efektif:

Langkah 1: Posisi Awal
Mulailah dengan berdiri tegak dan rileks. Letakkan kaki kiri sedikit di depan jika Anda pemain tangan kanan, dan sebaliknya untuk pemain tangan kiri. Pegang raket dengan grip yang nyaman dan pastikan shuttlecock berada di depan badan.

Langkah 2: Fokus pada Grip
Grip yang benar sangat penting dalam melakukan servis bawah. Gunakan grip forehand untuk stabilitas dan kontrol yang lebih baik.

Langkah 3: Ayunan Raket
Ayunan raket harus pendek dan terkontrol. Jaga agar pergelangan tangan tetap stabil dan gunakan gerakan pergelangan tangan untuk memberikan momentum kepada shuttlecock.

Langkah 4: Pukulan
Ketika memukul shuttlecock, pastikan untuk mengenainya di bagian bawah dan dengan sudut yang tepat agar shuttlecock melintasi net dengan rendah dan lurus.

Langkah 5: Latihan Rutin
Seperti keterampilan lainnya, servis bawah membutuhkan latihan rutin. Luangkan waktu untuk berlatih servis ini agar menjadi lebih konsisten.

Rekomendasi:

  • Gunakan shuttlecock berkualitas baik untuk hasil yang lebih konsisten.
  • Berlatihlah dengan berbagai kecepatan dan arah untuk mengasah keterampilan servis Anda.
  • Pertimbangkan untuk mengambil pelajaran dari pelatih profesional untuk mendapatkan umpan balik dan panduan yang lebih spesifik.

Servis bawah yang baik tidak hanya memulai reli, tetapi juga dapat menempatkan lawan Anda dalam posisi yang tidak menguntungkan sejak awal. Dengan mengikuti panduan ini dan berlatih secara teratur, Anda akan dapat meningkatkan servis bawah Anda dan, pada gilirannya, permainan bulutangkis Anda secara keseluruhan.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar