Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Prei di Rumah

Lina Ambar

Cara menanam bawang prei tidak serumit yang dibayangkan. Bawang prei, dengan aroma dan rasa yang khas, menjadi favorit untuk menambah kelezatan berbagai masakan. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk menanam bawang prei di rumah Anda.

Persiapan Benih dan Media Tanam:
Pilihlah benih bawang prei yang berkualitas dari toko pertanian terpercaya. Siapkan media tanam yang subur dan gembur. Campuran tanah, kompos, dan pasir dalam perbandingan 2:1:1 bisa menjadi pilihan yang baik.

Penanaman:
Benih bawang prei yang telah disiapkan bisa langsung ditanam ke dalam media. Pastikan kedalaman tanam sekitar 1-2 cm dan jarak antar tanaman sekitar 15 cm untuk memberikan ruang tumbuh yang cukup.

Perawatan:
Bawang prei membutuhkan penyiraman secara teratur, terutama pada musim kemarau. Pemberian pupuk organik setiap bulan akan membantu pertumbuhan yang optimal. Jaga agar area tanaman bebas dari gulma.

Panen:
Bawang prei biasanya siap panen setelah 4-5 bulan. Panenlah saat batang telah mencapai diameter sekitar 2-3 cm. Gunakan pisau tajam untuk memotong batang bawang prei tepat di atas permukaan tanah.

Harga Bawang Prei:
Harga bawang prei di pasaran bisa bervariasi tergantung pada musim dan ketersediaan. Rata-rata, harga per ikat bawang prei berkisar antara Rp15.000 hingga Rp30.000.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda bisa menikmati hasil panen bawang prei yang segar langsung dari kebun rumah Anda. Selamat menanam!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar