Panduan Lengkap Cara Menanam Biji Mangga untuk Pemula

Lina Ambar

Cara menanam biji mangga tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan langkah yang tepat, Anda bisa menikmati hasilnya dalam beberapa tahun. Artikel ini akan membahas secara detail tentang proses penanaman biji mangga, mulai dari pemilihan biji hingga perawatan tanaman.

Pemilihan Biji Mangga yang Baik
Memilih biji mangga yang berkualitas adalah langkah pertama yang penting. Pilihlah biji dari buah mangga yang matang dan sehat. Biji yang baik biasanya bersih, bebas dari kerusakan atau penyakit, dan kering.

Langkah-langkah Menanam Biji Mangga

  1. Rendam Biji: Rendam biji mangga dalam air selama 24 jam untuk mempercepat proses perkecambahan.
  2. Persiapan Media Tanam: Siapkan media tanam yang subur dan drainase yang baik. Campuran tanah, kompos, dan pasir bisa menjadi pilihan.
  3. Penanaman Biji: Tanam biji dengan posisi datar di dalam media tanam. Tutup biji dengan lapisan tanah tipis.
  4. Penyiraman: Siram tanaman secara teratur, tetapi hindari penggenangan air.
  5. Penempatan: Letakkan pot di area yang mendapatkan sinar matahari langsung.

Perawatan Tanaman Mangga
Tanaman mangga membutuhkan perawatan yang konsisten. Berikan pupuk organik setiap beberapa bulan sekali dan pastikan tanaman mendapatkan cukup air dan sinar matahari.

Masa Panen
Biasanya, mangga yang ditanam dari biji akan mulai berbuah setelah 5-8 tahun. Namun, ini tergantung pada jenis mangga dan kondisi tumbuhnya.

Kesimpulan
Menanam biji mangga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan kesabaran dan perawatan yang tepat, Anda akan dapat menikmati buah mangga dari kebun sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba menanam biji mangga. Selamat berkebun!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar