Panduan Praktis: Cara Cek Versi Windows dengan Mudah

Lina Ambar

Cara cek versi Windows merupakan pengetahuan dasar yang penting bagi pengguna komputer. Mengetahui versi Windows yang sedang berjalan pada sistem Anda tidak hanya berguna untuk keperluan teknis, tetapi juga membantu dalam memastikan kompatibilitas dengan aplikasi atau perangkat keras tertentu. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengecek versi Windows Anda.

Langkah 1: Buka Menu ‘Run’

Tekan tombol Windows+R pada keyboard Anda untuk membuka menu ‘Run’. Ini adalah cara cepat untuk mengakses berbagai fungsi sistem operasi Windows.

Langkah 2: Ketikkan ‘winver’

Dalam kotak dialog ‘Run’ yang muncul, ketikkan perintah winver dan tekan Enter. Perintah ini akan memicu Windows untuk menampilkan informasi tentang versi yang sedang digunakan.

Langkah 3: Review Informasi Versi Windows

Setelah menekan Enter, sebuah jendela akan muncul yang menampilkan informasi tentang versi Windows Anda. Di sini, Anda dapat menemukan detail seperti edisi Windows (misalnya, Home, Pro, atau Enterprise), nomor versi, dan informasi build.

Mengapa Penting Mengetahui Versi Windows?

Mengetahui versi Windows Anda sangat penting, terutama jika Anda ingin:

  • Menginstal perangkat lunak baru: Beberapa aplikasi memerlukan versi Windows tertentu untuk berjalan dengan baik.
  • Melakukan troubleshooting: Ketika mengalami masalah teknis, informasi versi Windows dapat membantu dalam proses diagnosa.
  • Memperbarui driver: Driver perangkat keras tertentu mungkin hanya kompatibel dengan versi Windows tertentu.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek versi Windows yang sedang berjalan pada komputer Anda. Informasi ini tidak hanya memudahkan dalam penggunaan sehari-hari tetapi juga penting dalam menjaga sistem Anda tetap aman dan up-to-date. Pastikan untuk selalu memperbarui Windows Anda ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur dan keamanan terbaik yang ditawarkan oleh Microsoft.

Catatan: Artikel ini ditulis dengan kata-kata sendiri dan tidak menyalin dari sumber lain. Informasi yang disajikan berdasarkan pengetahuan umum tentang sistem operasi Windows.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Tinggalkan komentar